Kamis, 10 April 2014

ANDRAGOGI -- PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA.

Proses belajar mengajar orang dewasa adalah suatu proses berlangsungnya kegiatan belajar yang dilakukan oleh pelajar atau peserta didik dan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh pendidik atau pembimbing. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipahami adalah tahap proses belajar, suasana belajar, jenis belajar, cara belajar, ciri-ciri belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan mengajar yang perlu diperhatikan dan dipahami adalah fungsi pendidik, sikap pendidik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap pendidik.

Proses belajar yang terjadi dalam diri seseorang yang sedang belajar berlangsung melalui enam tahapan, yaitu :
  1. Motivasi. Maksudnya adalah keinginan untuk mencapai sesuatu. Sedangkan motivasi jangka pendek berupa minat belajar pada saat itu dan motivasi jangka panjangnya dapat berupa keinginan untuk mendapat nilai yang baik, keinginan berprestasi dan sebagainya.
  2. Perhatian pada pelajaran. Maksudnya adalah peserta didik harus dapat memusatkan perhatiannya agar tidak mengalami hambatan, dan hal ini bergantung pada keterampilan pembimbing dalam menanganinya.
  3. Menerima dan mengingat. Maksudnya adalah setelah peserta didik memperhatikan pelajaran, peserta didik akan mengerti serta menyimpan dalam pikirannya. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi penerimaan dan pengingatan ini antara lain: struktur, makna, pengulangan pelajaran dan interverensi.
  4. Reproduksi. Maksudnya adalah seseorang yang sudah menerima dan mengingat informasi harus dapat menemukan kembali apa saja materi yang sudah ia terima.
  5. Generalisasi. Maksudnya adalah peserta didik harus mampu menerapkan hal yang telah dipelajari di tempat lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas.
  6. Menerapkan apa yang telah diajarkan serta umpan balik. Maksudnya adalah pendidik sudah memahami dan menerapkan apa yang telah diajarkan untuk menerapkan apa yang telah diajarkan. Pembimbing akan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami materi yang diberikan
Sumber: Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda