Kamis, 11 Maret 2010

help i'm alive ; TUGAS 3

Well , aku sendiri bingung harus buat apa di tugas individu ketiga ini. Aku benar-benar gapunya ide mau buat apaan. Bu Dina bilang , karya terbaik. Aku gabisa mendefenisikan apa itu KARYA TERBAIK. Jadi aku mau cerita tentang KEJADIAN TERBAIK yang ternyata aku telah melakukan KARYA TERBAIK dalam hidup oranglain.

Aku punya beberapa adik jalanan yang udah aku kenal dari aku SMP. Mereka udah jadi bagian hidupku yang paling penting sampe sekarang. Kejadian ini terjadi senin lalu, tanggal 9 Maret 2010. Tiba-tiba ada yang manggil aku. Ternyata mereka , ucok dan damai. Mereka lagi ada libur sekolah, jadi mereka mutusin buat nyari ribuan dengan nawarin nyemir sepatu. Aku seneng ketemu mereka. Jadi gitu kami ketemu, aku ngajakin mereka makan. Dan kebeneran aku pengen ke birek, aku ajak mereka sekalian makan gorengan di dekat bireknya. Mereka mulai cerita tentang sekolah, teman, orangtua dan semuanya.

Damai bawa sesuatu dalam genggaman tangannya. Sebuah bola biru kecil yang mungkin banyak dijual di warung. Damai cuma ngasi liat bentaran soal bola birunya. Katanya, “ini milikku yang berharga kanggi. Aku suka sama bola ini.” Aku ga nanya banyak soal bola itu. Kami memilih buat makan =)
Pas mereka makan, aku ninggalin mereka dan selembar uang sepuluh ribuan buat bayar jajanan mereka. Karena aku harus ngurus sesuatu di birek dan karena aku takut kelamaan. Dua puluh menit aku ninggalin mereka , tapi mereka masih nunggu aku, pas aku bayar dan pengen ninggalin tempat itu, ada bapak-bapak yang pengen sepatunya disemir. Dia punya anak perempuan yang umurnya sekitar 2 tahunan dan menurutku mereka berasal dari keluarga mapan. Tapi bapak itu sama sekali ga merendahkan Damai sama Ucok. Bapak itu menyemangati mereka. Yaah , menurutku kaya’ seorang bapak yang ngasi petuah buat anaknya ;)

Anak si bapak, megang-megang bola biru si Damai sambil melemparkannya ke segala arah. Dan aku ngambil bolanya. Tapi dia sama sekali gamau nerima bola yang aku kasih. Jadi aku ngasi bolanya ke Damai dan Damai yang ngasi ke anak kecil itu. Mungkin anak-anak punya bahasanya sendiri makanya mereka gampang berkomunikasi ;p

Setelah mereka selesai nyemir, si bapak ngasi uang seribuan 3 lembar buat mereka berdua. Pas kami mau pergi, si bapak ngingetin soal bola Damai yang dimainin sama bocah kecil itu. Tapi dengan gampang Damai bilang : “gapapa Pak, buat Nabila aja” bapaknya Cuma diem sambil bilang ‘makasih’. Pas kami di jalan mau ke Psikologi terjadi pembicaraan singkat. *dan menurutku inilah inti yang pengen aku ceritaiin =)
Anggi : “looh , tadi katanya bolanya bola kesayangan , terus kenapa dikasih ?”
Damai : “iya kaanggi , aku kan suka sama bola itu. Dan aku udah cukup lama sama bola itu. Nabila suka sama bola itu. Ya aku kasih aja”
Anggi : “iya , ngerti . Tapi kan kamu bilang, kamu gamau ninggalin bolanya”
Damai : “kan kaanggi yang ngajarin, memberi lebih baik daripada nerima. Kalo bola itu bisa buat aku seneng , pasti bola itu juga udah buat Nabila seneng kan kaanggi?”

Aku cuma bisa diem aja, aku ganyangka kalo kebaikan kecil yang aku kasi ke mereka udah benerbener bawa perubahan besar dalam hidup mereka. Well , klo aku mungkin bakal susah buat benerbener merelakan sesuatu-ku yang berharga buat dimiliki orang lain. Tapi Damai, anak umur 9 tahun, benerbener ngajarin aku tentang KARYA TERRBAIK ;)

thanks God , i'm alive =)

37 Komentar:

Pada 11 Maret 2010 pukul 06.18 , Blogger Rahmi Zuraida's bLog mengatakan...

bagus banged tuLisan kamu, angg..
memberikan perspektif lain ttg kehidupan ini..
^.^

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.25 , Blogger Erni J. Simanjuntak mengatakan...

Setiap hal yang kita alami dalam kehidupan kita tidaklah terjadi secara kebetulan, bahkan hal dan kejadian yang paling kecil sekalipun sesungguhnya memiliki makna dan tujuan tersendiri. pelajaran, hikmah dan makna hidup tidak selamanya kita peroleh dari peristiwa-peristiwa besar dan dramatis. Tetapi dari hal terkecil;bahkan rumput yang bergoyang ditiup angin pun bisa memberikan pelajaran yang sangat berharga. Sesungguhnya semuanya tergantung pada bagaimana kita peka terhadap apa yang terjadi. Dan Anggi sendiri mendapatkannya dari seorang anak kecil; anak jalanan. Dan yang lebih penting adalah Anggi peka akan hal itu..

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.32 , Blogger Rani ketaren mengatakan...

LUAR BIASA..
semau hal dalam hidup ini punya arti tersendiri nggi..

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.36 , Blogger Holy Glora mengatakan...

wahhh emang aku paling seneng sama mereka eng,walaupun ga seberuntung anak lain tapi hati mereka jauh lebih baik dari aku :)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.37 , Blogger Unknown mengatakan...

pelajaran baru nih!!!

KIta harus saling berbagi!!!
dan apabila perlu berikanlah yang berharga dari kita sendiri demi kebahagiaan orang lain ( bukan yang aneh2).

Allah aja rela menyerahkan anaknya untuk mati demi kita manusia yang hina ini.

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.46 , Blogger REBEKKA RISKI mengatakan...

ang...yng tulisan benerbener yang bener tu bener-bener...
hahahahahhaaha

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.48 , Blogger Utami Nurhafsari mengatakan...

sumpah.,. bagus bgt tuh pribadi si damai..

*males muji yg ngajarin*

ahhahah

terharu bgt aq bacanya loh guring... mksi ya... jadi pengen kenal sama yg namanya "damai"


^^

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 06.52 , Blogger rismaya saragih mengatakan...

unbelievable..!
ang yg sehari2nya pecicilan bs ngajarin yg baik sama si damai..;)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 07.00 , Blogger beblessed-cs.blogspot.com mengatakan...

bagus2x nggi..
kjadian yg patut d jadikan teladan dlm hdp nie..

Damai anak yg baik dan dwasa, mnurutQ dy bhkan jauh lbh dwasa drpd org2x yg mgaku sdh dwasa..

nice story.. ^^

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 07.24 , Blogger Kurnia mengatakan...

sungguh mulia,
si damai na...
hHee

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 07.34 , Blogger Unknown mengatakan...

OMG..! so, they were those lil kids i saw from the balcony two days ago..kirain adikmu anggi..haha6..btw, ni bener sgt menggetarkan hatiku ketika membacany..g bs kudiemin z..pengen ku komen..haha6..awesome story..! :D

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 08.51 , Blogger steven tambi mengatakan...

paten tu personality Damai...
tu bisa membuka mata kita...
jgn menilai orang dari luar aj...
=)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 10.21 , Blogger 09.096rds@gmail.com mengatakan...

Kita hrsnya bisa kayak si Damai..
Bsa belajar dr pengalamanny anak kecil sprti Damai..
Hehehehe..

Good Girlz..
;)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 14.09 , Blogger Rahmi Handayani mengatakan...

kereeeeen eng .
hehehe :)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 16.20 , Blogger wulansjourneythe mengatakan...

Wuah...

tau juga ne anak maen dgn ank kecil hehe...

srg2lah bermain dgn mrk n eng bisa lbh baek hehe...

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 16.49 , Blogger Vina Yuliana mengatakan...

good anggi

bagus

by:vinayuliana

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 16.59 , Blogger Rafita Attia mengatakan...

.Sekali.sekali.
.ajak ta donk jumpai anak jalann.
.sebenarnya ta pengen kenal kehidupan anak jalanan gmne tp ta gq tau gmna caranya bs bergabung dengan mereka.

.trus dukung mereka y nggi.
.karena mereka butuh orng seperti kamu untuk suport mereka. :)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 17.09 , Blogger Juliana Khairina Harahap . 09-046 mengatakan...

good story :)

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 17.54 , Blogger Khairani Rizky mengatakan...

good

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 19.27 , Blogger shoffa malini mengatakan...

bagus ya ceritanya..
ayooo
kembangkan lagi..

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 20.16 , Blogger yuanda novrita mengatakan...

kerreeenn anggi...

Jika kita bisa memberi...

kenapa kita harus menerima...

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 20.50 , Blogger 09042dcm desy christina mengatakan...

Gw suka bgt ama artikel u....
Bangga deh punya teman kayak anggieee,care ama anak2 jalanan,,,,hehehe

 
Pada 11 Maret 2010 pukul 23.03 , Blogger Margaretha Novitasari mengatakan...

Anggie critany menyentuh. Smgt ngie bwt ngajarin mrk yg lbi baik lg.

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 00.52 , Blogger 09.086 susy bancin mengatakan...

eng........

you tears me up....!!

nice story!!

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 00.54 , Blogger reffota mengatakan...

baguss gii..
kamu juga harus tunjukkin karya terbaekk mu buat banyak org disekeliiling kamu..
terutama ke aq
hahahahha

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 01.04 , Blogger jeremy mengatakan...

bagus anggi.
singkat dan padat.
:)

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 01.54 , Blogger jessee mengatakan...

well, good job...!!! i mean your experience!!

kapan2 kenalin ke mereka ya dekku!!

mm, coba masukkin teori psikologinya...mmm, kalo di sosial namanya apa ya..?? kakak lupa tapi ada di buku hogg atau ke perkembangan dan pendidikan, tentang bagaimana sso akan mengikuti atau melakukan yang kita harapkan.., ada beberapa dan salah satunya modelling...hemmmmm, kalo dikaitin pasti lebih keren!!!
^^

btw, layoutmu agak keramean ya..?

hehehe, kalo kk hyperactivity attention deficit kk pasti ngeliatin gbr2nya bukan isi blogmu..hehehehe

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 02.18 , Blogger Dwiyana Savira mengatakan...

wowww... kamu memang kakak yang baik ni.. hehe..
ceritamu ini sangat original, dan maknanya juga bagus.. sekali-sekali mau juga donk main sama si damai =)

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 02.19 , Blogger Yulli Miata Fanny mengatakan...

wuihh , baguss . mntrap .
aku gtau kalo anggi pnya adik² lucu , baik dan pinter gitu .
nemu dmn tu ? hhe

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 02.37 , Blogger Andry Sony Meang mengatakan...

hahaha!!! itu lah arti dan makna dari sebuah kehidupan!!!

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 02.53 , Blogger windhika siahaan mengatakan...

bagus yah anggi....
we love you...
salam ama adek2 kamu tu yah...
thx
tlg komen blog aku ya

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 03.58 , Blogger O-ren ishi de Psycho mengatakan...

anggiii......
aq salut ma mu.....

mau ngurusin ank2 jalanan.....

dan lgi, mngangkat kisah mreka k blog.....

anggi hbat.....

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 04.45 , Blogger diva hudi mengatakan...

kren bangeeeetttt...
krim slam ma si damai ya....

n aq mw gorengannya...
hhahaha

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 08.00 , Blogger 09024ryannatm mengatakan...

anggiiii ..
aq gag nyangka mereka lebih mulia dr kmu, nggi ..
hohooo ..
ajarin trus mreka yg baik2 ,,
biar kmu tetep blajar yg baik2 lg dr mreka .. ^^

 
Pada 12 Maret 2010 pukul 20.49 , Blogger Asda_08038 mengatakan...

Sering x.,.,qt dpt sst yg bharga dr mreka yag kt anggap msh kecil.

tp percaya la.,mreka jg bs aajrkan & mengingatkn qt kembali pa yg tlh terlupakn oleh Qt.

 
Pada 13 Maret 2010 pukul 02.55 , Blogger anggi gurning mengatakan...

sampe speechless =) makasi udah benerbener baca yya =)

*i love you everyone !

 
Pada 15 Maret 2010 pukul 04.08 , Blogger Dwika Septian Ihsan mengatakan...

wah2,,
tulisannya luar biasa banget,,!
memberikan input dengan cara yang sangat berbeda dari yg biasanya...
damai kecil dg kepribadian besar...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda