Rabu, 09 April 2014

PEDAGOGI -- PROFIL GURU YANG DIINGINKAN.

Setiap sekolah memiliki beberapa kriteria yang mereka inginkan untuk tenaga pengajar yang akan mengajar anak didik mereka. Dalam buku Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi karya Sudarwan Danim, proses pengelolaan guru, mulai dari pendidikan pra jabatan (prajab) sampai pada promosi secara umum dibedakan menjadi :
  • Pendidikan yang ditempuh melalui perguruan tinggi (pendidikan prajabatan, prajab)
  • Pendidikan profesi yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan keprofesian pada perguruan tinggi.
  •  Induksi atau proses bimbingan dan pelatihan pada tahun pertama.
  • Pegembangan professional guru secara berkelanjutan (continuing professional development, CPD)
  • Pengembangan karir guru, berupa kenaikan pangkat, penugasan dan atau promosi.
Pendidikan atau kualifikasi akademik minimum calon guru ditentukan sebagai persyaratan guru (minimum requirement for teacher candidate) yang diperlukan pada sebuah Negara. Dan setiap negara memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Sebagian negara mensyaratkan diploma bagi calon guru jenjang pendidikan tertentu, sebagian lagi mensyaratkan sarjana (undergraduate) atau master. 

Pada intinya calon guru harus dibekali dengan kemampuan memfasilitasi peserta didik untuk bisa mengakuisisi pengetahuan, mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik serta mampu berperan aktif dalam masyarakat, sehingga kurikulum pendidikan bagi calon guru dibagi menjadi beberapa ranah, yaitu 
  • Pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan filsafat pendidikan, sejarah pendidikan, psikologi pendidikan dan sosiologi pendidikan.
  • Pengetahuan yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan serta pengembangan ilmu
  • Pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bidang studi
  • Pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui praktik
Menurut Windor dan Rowland (2005), karakteristik calon guru yag diketahui oleh administratr disajikan sebagai berikut:
  • Memiliki kepribadian yang asli, yaitu tulus dan rendah hati setiap saat
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, tertulis dan lisan
  • Menjadi pendengar yang baik
  • Memiliki sikap yang kooperatif
  • Memiiki pandangan positif pada pengajaran, pembelajaran dan siswa
  • Dapat dipercaya dan diandalkan
  • Memahami apa yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang efektif
  • Dapat mengelola siswa di dalam dan di luar kelas
  • Memiliki sikap ambisius untuk mencapai prestasi dan berkinerja terbaik
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan, tampil hati-hati dan tidak berperilaku kasar
  • Memiliki pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip yang berlaku umum di pendidikan psikologi
  • Memahami materi pelajaran dengan baik
  • Memiliki kemampuan lebih dari satu mata pelajaran
  • Memiliki harapan atas standar pribadi yang professional
  • Dapat memodifikasi teknik pengajaran
  • Dapat menghubungkan kegiatan mengajar dengan tujuan lain dari aneka kegiatan sekolah
  • Mampu mengorganisasikan kegiatan bersama guru lainnya
  • Memiliki selera bagus dalam berpakaian
  • Memiliki selera humor
  • Memiliki semangat untuk berkembang sebagai seorang professional

Sumber: Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda